untuk RK.. sebuah rekomendasi..

Friday, January 06, 2012


REKOMENDASI DIVISI
Umar Ibn Khatab berkata:
Jangan mempelajari ilmu karena tiga hal dan jangan meninggalkannya karena tiga hal. Jangan cari ilmu untuk berdebat, untuk berbangga dan untuk pamer, jangan enggan belajar karena malu, karena merasa cukup dan karena rela dengan kebodohan.”
Berorganisasi adalah kebutuhan tiap-tiap individu dalam upaya mendewasakan dan memanusiakan dirinya. Ketika akan memasuki ranah juang ini, maka tidak ada yang lebih baik melainkan mempersiapkan bekal berupa kesiapan mental dan ilmu  terhadap ranah yang akan dijalani. Semoga dengan adanya rekomendasi ini mampu memberikan sedikit gambaran dan masukan positif untuk pejuang divisi Riset dan Keilmuan yang akan meneruskan estafet perjuangan ini.
Sebuah rekomendasi, untuk kebijaksanaan dan masa depan yang lebih bermakna:
1)      PERKUAT INTERNAL RK
Divisi RK bukanlah divisi dengan program kerja yang biasa. Tanpa adanya kesiapan mental untuk bisa memahami, mengerti dan mengenal lebih dalam karakter dan tabiat masing-masing personil RK, maka pejuangnya bisa kesulitan mengendalikan estafet juang selanjutnya. Masing-masing personil RK hendaklah lebih kreatif merancang agenda-agenda di luar proker yang bisa meningkatkan ukhuwah dan keterikatan hati sama lain. Minimal harus ada anjangsana, perayaan milad, sms tausiyah tanpa henti dan cek n’ ricek kabar terupdate dari masing-masing pengurus. Bisa dengan cek keadaan personil di jejaring sosial, tanya langsung atau via sms, apapun itu. yang paling penting syuro internal divisi jangan terputus.  Disanalah sarana konkritnya.
2)      REALISASI PROKER DAN NON PROKER SECARA OPTIMAL
J  BISMILLAH. Mulai semua aktivitas dengan menyertakan Allah bersamanya.
J  BASIS GERAKAN RK ADALAH DI KEILMUANNYA. Artinya ada dua pihak yang harus diberikan ilmu. Pertama, pengurus HMJ EA itu sendiri. Kedua, mahasiswa Jurusan EA. Konkritnya, intensitas kajian harus ditingkatkan. Jika tahun ini hanya 3x kajian, maka minimal tahun depan 6x. Dengan konsep yang menarik. Ada bedah buku, atau bedah film, disamping kajian berita terupdatenya. Untuk memaksimalkan kajiannya, FOKUSLAH. Kekurangan RK tahun ini karena kurang fokus pada hal-hal kecil. Jangan buat ribet kajian, karena butuh persiapan  de el el. Kajian itu simple. Pasti bisa kalau mau FOKUS !! (Kalau butuh bantuan atau tanya pengisi kajian langsung hubungi kakak-kakaknya, kalian punya banyak orang yang siap meringankan beban kalian) J
J  KONKRIT. Yang dibutuhkan dekanat akan keberadaan divisi keilmuan di jurusan adalah menghasilkan produk-produk nyata keilmuan. Maka, divisi RK minimal mengirimkan perwakilan atau beberapa personilnya untuk terjun langsung ke ranah-ranah yang memang menjadi bakatnya. Minimal, personil RK bisa TAMPIL dengan menjadi peserta di lomba-lomba baik itu penulisan, debate, cerdas cermat, pmw, dan sebagainya. Apapun itu, bahkan lebih baik jika memenangkannya. Langkah konkrit untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan update info akademik kampus. Baik itu agenda rektorat maupun dekanat sehingga jika ada perlombaan bisa mempersiapkan kader-kader dengan lebih matang.
J  LIST MAHASISWA YANG PUNYA BAKAT. Personil RK bisa cek ke kelas-kelas siapa yang pernah mendapatkan prestasi selama di SMA/K dan di kampus. Nama, prestasi, bidang. Sehingga, setidaknya RK tahu harus menghubungi siapa ketika ada suatu perlombaan atau kegiatan tertentu. Termasuk siapa-siapa saja yang pernah memenangi lomba-lomba TBC EA untuk mengikuti tahapan proses lomba selanjutnya.. Istilahnya RK punya BANK DATA PRESTASI MAHASISWA DAN PENGURUS.
J  DISTRIBUSI AMANAH. Upayakan tiap – tiap personil RK mendapatkan distribusi amanah yang proporsional. Jangan sampai ada yang belum pernah mendapatkan kepercayaan untuk memegang suatu amanah besar. Karena disini semua belajar bersama. Bimbing secara maksimal. Jangan biarkan saling melempar-lemparan amanah. Buat tiap penanggungjawab proker dan non proker FOKUS dan YAKIN akan amanah yang diembannya.
J  UPGRADE. Ibarat teko yang menuang air ke dalam cangkir hingga air di teko itu habis, maka jangan sampai personil RK sibuk memberi tanpa memperhatikan “isi” dari diri personil itu sendiri. Jangan biarkan personil RK “kosong” dan “ga berisi”. Konkritnya, personil RK harus sering baca, nulis, kajian internal, minimal sharing dengan teman-teman pengurus terkait suatu hal. Ikut ke seminar, datang ke workshop, jadi peserta lomba-lomba tertentu, jadi punya banyak REFERENSI cara mengadakan kegiatan keilmuan yang baik seperti apa. Dan tidak terkungkung dengan konsep-konsep jadul pendahulunya. LEARNING BY DOING itu lebih ngeffect dibanding baca teori.
J  MENDEKAT PADA SANG MAHA KUASA. Normalnya, seseorang akan sampai pada satu titik jenuh akan aktivitas yang dijalani. Tapi berbeda ketika seseorang tersebut sudah mengikhlaskan apapun yang ia jalani untuk Allah dan untuk kebermanfaatan orang banyak. Maka mendekatlah. Mendekatlah kepada Allah yang maha membolak-balikkan hati. Bayangkan wajah-wajah rekan divisi RK dan teman-teman pengurus HMJ EA dalam tiap-tiap doa robithoh dan doa di shalat-shalat kalian. Agar Allah memudahkan tiap langkah perjuangan kalian.  Terus menjaga hati dan diri dari perbuatan yang dilarang, misalnya menjaga dalam bentuk mengikuti mentoring secara rutin untuk menambah kapasitas rohani kita. Intinya TANPA ADANYA PERTOLONGAN ALLAH, maka akan sulit untuk berkontribusi dengan istiqomah, maka ketika Allah sudah berkehendak dan meridhoi aktivitas kita, insya Allah semua akan menjadi lebih mudah, dan tidak ada yang gugur di jalan ini, insya Allah. J
 “Sesungguhnya jalan ini adalah kebutuhan kami sendiri. Rasa kebutuhan yang melebihi sekedar merasakan bahwa jalan ini merupakan kewajiban yang harus kami lakukan. Bahkan lebih dari sekedar kebutuhan, kami melangkah dijalan ini merupakan rasa syukur kami atas hidayah ALLAH SWT kepada kami
PENUTUP
                     Subhanallah, super sekali... alhamdulillah.. tepat satu jam menjelang tengah malam pada menit ke sembilan, di hari ke empat bulan pertama tahun 2012 ini, pertanggungjawaban RK siap untuk dilaporkan. Semoga bermanfaat dan mampu diaplikasikan dengan baik oleh penerus estafet perjuangan ini. Kritik dan saran yang membangun dan kostruktif tentunya sangat dibutuhkan untuk evaluasi dan revisi grand design divisi RK dan HMJ E&A kedepannya.
                     Teriring salam dan ucapan terimakasih kami haturkan kepada seluruh pihak yang telah berjuang bersama kami. Perjuangan ini adalah awal dari perjuangan-perjuangan selanjutnya. Semoga kedepannya kami mampu memberikan persembahan yang lebih baik lagi.
                     Rasa syukur yang membuncah hanyalah milik Allah Sang pemilik ruh dan raga ini yang telah memampukan kami meniti jalan juang ini. Sungguh, yang salah adalah milik kami pribadi. Kesempurnaan dan  kebenaran mutlak hanyalah milik Allah semata.
                     Mohon maaf atas segala kekurangan. Terimakasih banyak untuk semuanya. Semoga Allah menyuburkan benih-benih kebaikan yang telah kita semai.
                     Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.

You Might Also Like

0 comments

makasih ya udah baca :)
tambah makasih kalo mau kasih comment dibawah ini ^____^

Popular Posts

Featured post

Disclaimer

Sumber: di sini Saat kemarin membuka blog ini setelah 3 tahun 3 bulan 15 hari berlalu.. saya akhirnya mulai merapikan blog ini kembali ...

My Latest Vlog on Youtube

My latest post on instagram