dan mereka pun berhijab...

Saturday, October 27, 2012

langit nampak tak bersahabat...
cahaya matahari begitu semangat memancarkan sinarnya..
terlihat beberapa mahasiswa baru terpaksa memasang selembar koran di atas kepalanya untuk mengurangi panasnya sinar matahari yang merongrong ubun-ubun kepala mereka..

itulah akibatnya jika mengadakan acara yang tidak memiliki aula..

hawa pegunungan ternyata tidak berdampak apa-apa untuk mengurangi panasnya matahari saat itu. di depan barisan para peserta tampak 4 orang pembicara sedang memaparkan materi "ga ngaji ga gaul"dengan gaya mereka masing-masing. sebuah materi yang sangat menarik.
tapi sayang, ketidak-kondusifan kondisi saat itu, mengurangi daya konsentrasi peserta dauroh Economic Muslim Camp yang berjumlah dua ratusan itu.

saatnya memutar otak.

ku ajak bicara koordinator acara EMC dan kami sepakat untuk mengalihkan tempat materi selanjutnya untuk berdamai dengan panasnya matahari. dua pendopo (yang ketika malam dijadikan arena tidur) di zona ikhwan menjadi pilihannya. awalnya beberapa ikhwan merasa pendopo itu tidak dapat menampung keseluruhan peserta, tapi karena tidak ada pilihan lain, setelah sedikit tarik ulur dan berdiskusi dengan panitia acara ikhwan, kami sepakat. materi selanjutnya pindah ke pendopo.

alhamdulillah, setelah dikondisikan peserta mampu direlokasi ke zona yang lebih nyaman. pendopo kayu paling besar yang beralaskan keramik putih ditempati para akhwat dan ikhwannya dengan nyaman menggelar  tikar dan karpet di bawan pohon rindang. materi 9 budaya muslim pun siap dimulai.

ketua LDK UNJ didapuk sebagai pembicaranya. Ka Haris mencoba memikat peserta dengan gaya bahasannya yang berat tapi mudah dipahami. satu per satu budaya muslim di UNJ dibahas dan dikuliti satu per satu, termasuk hadist dan ayat penguatnya.
mulai dari Shalat Awal Waktu (SAW), Salam, senyum, sapa, sopan, santun (5S), Setiap Pagi Dhuha (SPD), Tilawah Ba'da Shalat (TIBAS), Gemar Berinfak, Senin Kamis Shaum (SKS), Jum'at Putih Bersih (JUMSIH), Gerakan Setengah Tujuh (GST), sampai pada akhirnya sampai pada budaya Gerakan Muslimah Berhias Syar'i (GEMAS).

saat itu, Ka Haris benar-benar 'manampar' peserta dengan statement nya yang menurutku memukau. saat itu, ada seorang maba (ikhwan) bertanya pada beliau, bagaimana dengan hukum menggunakan hijab..
lalu serta merta ka haris menjawab,

"berhijab itu wajib hukumnya .. untuk wanita yang berhati baik ataupun berhati busuk"

setelah materi kedua selesai, beberapa maba yang kebetulan merupakan binaanku berjalan menghampiri. tangan mereka melingkar di pinggangku. curhat.
9 dari 12 binaanku alhamdulillah hadir, dan diantaranya ada 4 orang yang belum berhijab. Syukur alhamdulillah, Allah izinkan pula 3 dari 4 orang mentee yang belum berhijab, datang.
dan setelah mendengar materi tadi, mereka benar-benar terguncang.
bagi mereka, kata-kata ka haris benar-benar menohok. sambil berjalan kuberikan pengertian pada mereka bahwa memang seperti itu adanya. itulah kebenaran. meskipun terkadang terasa pahit.
dan bukannya semakin tenang, salah satu diantara mereka justru menangis.
#jleb banget.

setelah sampai di zona akhwat, aku langsung mengajak mereka duduk santai. berbicara dari hati ke hati.
Ku tanyakan pada mereka apakah mereka mempunyai alasan untuk tidak berhijab ??
dan mereka terdiam.
bebarapa detik berselang, mereka menjawab, "tidak ada alasan lagi ka, semuanya sudah jelas"
dan bahkan 1 orang di antaranya bercerita, bahwa belakangan ini ia selalu bermimpi mengenakan hijab. ia bermimpi pergi ke kampus mengenakan hijab. dan setelah mendapat penguatan dari materi tadi, mereka menjadi semakin bulat tekadnya untuk berhijab. alhamdulillah... 

keesokan harinya..
ketika di tempat PPL, aku dikejutkan oleh sms dari salah satu binaanku, bahwa erys sudah berhijab. hari ini dia ke kampus menggunakan penutup di kepalanya. subhanallah..
seketika aku langsung mengirimkan pesan bahagiaku ke nomor teleponnya.
barakallahu..

dan esoknya, sepulang dari PPL, aku seperti biasa meluangkan waktu untuk mampir ke kampus hingga selesai sholat magrib berjama'ah di meni, dan ketika sampai di tangga meni, tanpa sengaja mataku menangkap dua sosok akhwat yang tak asing di mataku.
2 binaanku.
berhijab.
masya Allah !!
hampir-hampir aku jatuh saat berlari menghampiri mereka.
kupeluk mereka satu-satu, ku kecup pipi mereka bergantian.
subhanallah !!
yang awalnya aku pikir baru 1 yang memutuskan berhijab, ternyata ada 2 !!
dua mentee yang begitu aku sayangi ini berhijab !!

subhanallah :)
alhamdulillahirobbil'alamiin..

barakillah ya Ukhti..
semoga hijabmu membaguskan akhlakmu :)


You Might Also Like

1 comments

makasih ya udah baca :)
tambah makasih kalo mau kasih comment dibawah ini ^____^

Popular Posts

Featured post

Disclaimer

Sumber: di sini Saat kemarin membuka blog ini setelah 3 tahun 3 bulan 15 hari berlalu.. saya akhirnya mulai merapikan blog ini kembali ...

My Latest Vlog on Youtube

My latest post on instagram