Manisnya Keajaiban Allah Di Seleksi Mawapres (Full Version Part 2)

Monday, October 29, 2012

DIBALIK RAHASIA KEMENANGAN MAPRES UNJ... :)

penasaraaann kaaan ?? 

kalau baru baca yang ini.. kurang afdhol rasanya kalau belum baca cerita perjuangan di seleksi mapres tingkat fakultas...
nih.. baca duluu yaaa :) #biar rame :) di sini

bismillah...
alhamdulillah..
setelah resmi di amanahkan oleh Fakultas untuk mengemban misi mewakili FE untuk seleksi di tingkat UNJ..
akhirnya resmi diri ini yakin kalau "wah.. ternyata bener ,, gue yang menang"
awalnya emang ga percaya.. :p
secaraaa... teman main a.k.a saingan :p waktu itu bener-bener kompetitor hebat..
yang dari ekop.. udah bolak-balik luar kota buat presentasiin makalah.. yang dari manajemen,, wah.. udah ketauan deh kalo dia jagonya ngomong, lobbying dan organisasi ekstra-intra.. tapi sekali lagi..
"diferensiasi" produk karya tulis yang mungkin pada akhirnya benar-benar menjadikan juri "tertarik" memilih saya. :) alhamdu..lillah... :)
dan mungkin, esensinya adalah rantai-rantai perjuangan yang udah di lalui yang pada akhirnya jadi "kunci" keridhoan Allah untuk membukakan saya akses untuk bisa memenangkan kompetisi mapres.

well.. so what's the next ??


setelah resmi.. saya di panggil Pak kasubagmawa FE saat itu, untuk bertemu beliau di ruangannya.. surprisingly.. saya dikasih bocoran sedikit tentang selisih poin saya dengan mapres 2 FE 2012.. #glek.. tipissss banget... (alhamdulillah.. Allah memenangkan saya)... #yes!


jadi keingetan dengan agenda seleksi ketua BEM FE 2012.. antara orang yang sama dengan saingan saya.. yang juga jadi lawan mainnya ketua BEM FE terpilih sekarang M. Ridwan.. #bedanya.. sekarang bukan di ranah politik.. :p

>> waktu saya menuju seleksi tingkat UNJ hanya 1 minggu (kurang) #lagi!!!

sebelum tanggal 18 Mei 2012.. berkas menuju mapres UNJ sudah harus masuk ke Kasubagmawa FE lagi.. artinya.. dalam waktu 1 minggu ituuu... saya harus: 1) revisi karya tulis 2)nambahin sertifikat yang masih ga ada buktinya..

awalnya dikira .. oohh... oke.. insya Allah pak..
tiba-tiba,, bapaknya ngasih sedikit "kata-kata" yang justru malah jadi pelecut buat saya..
bapaknya bilang "kalo kamu ga sanggup, udah mapres 2 aja yang wakilin" (rasanya di telinga saya, kedengeerannya justru... "koo elo sih yang menang ?? kan "prediksi gue" yang laiin ??) :p
weeiitss... ada yang mau main apiii :p
#untung saya ga kebakaran...
saya akan buktikan ke bapak.. bapak ga akan pernah nyesel milih saya... (#dalam hati saya)

>> malam ke-1
nyoret-nyoret karya tulis.. mikir-mikir .. bayangin yang mana yang mau di ubah... tidurrr....

>> malam ke-2
udah dapet DP sorenya-hari ke-2 pasca pengumuman... udah ketemu DP dan beliau adalah juri saya waktu di seleksi tingkat fakultas.. yang memang sangat paham dengan kondisi dan segala kekurangan karya tulis saya... Pak ganteng Ferry Setyo :p
sore itu untuk pertama kalinya pulang dari gd. R jam 6.30 lewat. karena harus ngantri sama mahasiswa angkatan lama yang mau bimbingan sama pak ganteng...
astagfirullah.. udah ga GST lagi dahh... #maap
coret-coretan mengenai karya tulis lengkap sudah...
malamnya.. langsung nyari daataaa... tiduurr...

>>malam ke-3
di antara coret-coretannya Pak ganteng.. beliau minta saya untuk bikin produk jadinya.. dan kalau bisa di uji cobakan di kelas.. untuk melihat mana bagian yang harus direvisi di karya tulis agar sesuai dengan kondisi riil di lapangan..
#nah loh... makin bingung.. karena belum ada bayangan sama sekali..
akhirnya di malam ke tiga itu.. jatah saya untuk tidurr bener-bener berkurang.. !
prototype yang saya sudah buat untuk seleksi di tingkat fakultas saya ubah sedikit.. saya perbaiki... dan saya siapkan untuk dicetak malam harinya...
pas malam-malam (hari itu juga) dalam kondisi bingung yang teramat sangat.. 
Allah kasih pertolongan #selalu..
Allah takdirkan Ka Dian, untuk menemaniku malam itu...
dengan beat biru nya.. kita coba menyusuri jalan waru-balai pustaka..
#nyari percetakan untuk merealisasikan prototype papan scrabble dan biji scrabble..
>> percetakan 1 : gagal ! hasil kekecilan. biji scrabble gak match dengan papannya.. diminta untuk nyari percetakan lain
>> percetakan 2 : tidak bisa. kertas tidak ada ukuran besar.

fiuhh.. kemana lagi yaa...??
akhirnya diputuskan untuk maghrib dulu... di masjid deket waru.. mushola ad-dakwah kalo ga salah namanya... :)
kebetulan saya lagi ga sholat.. padahal pengen banget sholat :'(

dan alhamdulillah.. setelah sholat.. Allah kasih jalan..
di percetakan ke tiga >> prototype jadi ^_^
dan ternyata harganya lumayaan yaa jeung :)

>>malam ke-4
badan panas !! T_T
suhu tubuh naik,.. mata merah.. dada sesak... (please.. ini serius yaa.. :p)
subhanallah... seharian full ga bergerak ngerjain hal lain selain mengeksekusi karya tulis !!
jadi paginya kuliah dulu seperti biasa.. targetnya hari itu mau praktek di kelas AP 2011 atau 2010 yang lagi di ajar stenografi sama bu darti..
alhamdulillah dapet kelas dan diizinkan masuk sama bu darti..
jadilah saya masuk ke kelas AP R 2011..
#ternyata banyak banget mahasiswanya.. termasuk tmn2 kelas saya dan beberapa kakak kelas yang mengulang pelajaran steno (jadi kebayangkan ? gimana sulitnya tuh pelajaran ??? )
sambil saya "jualan" di depan kelas, dengan bermodal PPT dan prototype ... alhamdulillah.. praktek prototype berjalan muluuss.... #fiiuuuh....
dari depan jendela terlihat wajah juan dan fatma yang memperhatikanku dari luarr.... #bener2 pengen peluk kalian saat itu...
daaaaannnnnnn.... prahara itu pun datang..
tiba-tiba pak kasubag nelpon.. diminta ngumpulin kartul revisi saat itu juggaaa ! #glek. apa2an nihh...
lobbying pun dilakukan... krna akad di awal pengumpulan jum'at, trus kenapa jadinya kamiss ??
#pake gertakan2 gitu lagi.. wah pokonya lagi sensitif deh wktu itu jd digertak dikit aja nagisnya deres banget di meni...
untung aja ada saudari-saudariku yg waktu itu menemani dan menguatkan :') jazakillah ya ukh :)
setelah dikuatkan...
fiaaaaiiigghhtt !!! malam ini begadaaangggg lagiii ngolah karya tuliiiss #finishing #hosh hosh hos -.-"

>> hari terakhir pengumpulan 
mondar mandir...
bolak balik...
masuk keluar...
#hectic: mode on
basecampnya di sekret iqtishodi..
bener-bener cocok sama kesibukannya... diri lagi on fire.. langit lagi menurunkan rahmatnya melalui tetesan hujan...
sejuukk...
dan berkat rahmat Allah yang maha kuasa...
dikumpulkanlah karya tulis mapres dan seluruh berkas lainnya tepat hari jum'at h-3 sebelum seleksi di tingkat nasional hari senin :)
alhamdu... lillah... ^_^

>>brifing mapres... dan aku pun pasrah...
selepas dzuhur.. setelah shalat jum'at.. 7 mapres fakultas dikumpulkan untuk brifing seleksi univ di ruang PR 3. kali itu pertama kalinya aku meeting di dalam ruang PR 3. dari satu per satu wajah yang masuk, tidak ada satupun wajah yang aku kenali. semua orang baru bagiku. bahkan mapres unj tahun 2011, yang saat itu ku kenali namanya saja, baru kutemui wajahnya hari itu... #tepok jidat  #maaf ya ka ince :p
ku coba deteksi satu per satu wajah mereka...
ada laki-laki dengan kemejanya yang seperti orang chinese, ada yang kaya cover boy.. ada juga cewek chinese yang seperti cover girl.. seorang wanita berkerudung dengan kacamatanya daan ka ince...
menyusul baru datang seorang laki-laki berpostur besar dan ketika meeting sudah dimulai yang terakhir datang adalah perempuan dengan badan yang terlihat kekar plus sporti..
setelah meeting dimulai.. perkenalan pun berjalan..
satu per satu coba ku kenal..
dan ketika mereka memperkenalkan diri.. sempurnalah ikhtiarku sampai pada titik pasrah...
Sungguh... Ku serahkan semua Pada Mu Ya Allah...
>> inilah mereka:
1. yang mirip orang chinese yang kubilang tadi namanya Asep Rudi Casmana.. asep panggilannya.. dia sudah juara karya tulis di beberapa event dan menjadi peserta muda dari angkatan 2010. wajahnya cukup tampan dan terlihat inosen. dan ternyata dia saat ini memimpin HMJ ISP FIS sebagai ketua. yang paling penting.. berkas mapres yang dikumpulkannya paling tebaal di antara kami semua.
2. seorang laki-laki yang seperti cover boy tadi, namanya wahyudi dari FBS. dia sangat good looking. belakangan aku tahu dia merupakan kandidat yang difavoritkan akan menang oleh beberapa pihak. secara, dia adalah duta bahasa nasional dan pernah mewakili Indonesia di pidato antar bangsa di Malaysia dan berhasil menjadi juara 3. prestasinya sungguh banyak.
3. seorang wanita yang agak terlihat chinese berikutnya adalah endah dianty, dari fakultas MIPA. terlihat sangat tenang dan pendiam. wajahnya cantik seperti cover girl. dan dia adalah satu-satunya perwakilan UNJ yang mewakili UNJ di OSN.
4. yang berkurudung selain aku ada 1 lagi. dari FT. devi puspitasari. beliau finalis satu-satunya yang berasal dari angkatan 2008. terlihat dewasa dan bijak. dia juga sudah punya usaha sendiri dan menurutku kalau dia ada di angkatan 2008, pasti pengalamannya sudah banyaak.
5. laki-laki dengan postur paling besar di antara kami namanya Andi Dwi Putra. mahasiswa UNJ yang memenangkan lomba bisnis di India, satu-satunya finalis yang sudah bolak balik ke berbagai negara. Bahrain, Malaysia, Singapur, India, dan masih banyak lagi. dia juaranya. event yang diikuti sangat banyak dan prestatif. dia juga maju mewakili FIP atas rekomendasi dari pihak PR 3 karena di FIP tidak menyelenggarakan seleksi mapres tingkat fakultas. #langsung berdecak-decak melihat track recordnya.
6. wanita yang bertubuh mungil tapi terlihat sporti yang terakhir sudah pasti dari FIK. namanya deandra. dia dari awal sudah terlihat bahwa dia sangat fasih berbahasa inggris karena beberapa kali menimpali perkataan ka ince dengan bahasa itu. dia atlet hoki. dan dia juga merupakan finalis yang berasal dari angkatan 2010. sangat bertalenta.
lalu siapa saya ???
hanya juara tingkat fakultas dan univ... ga pernah menang di luaran... aktif intenal kampus saja...dan sangat jauuh dibanding mereka...
maka sempurnalah sudah ikhtiar saya pada titik pasrah...

>>dan pertolongan Allah pun datang...
#fase pertama...
seperti biasa.. setelah berlelah-lelah sepanjang hari.. tempat beristirahat dan mengadu terbaik adalah di masjid alumni..
sore itu Allah masih berkenan menurunkan rahmatnya melalui hujan yang kian menderas di senja hari..
bahkan selepas maghrib pun hujan tak kunjung reda seakan-akan mengisyaratkan padaku...
"tunggulah sebentar di dalam masjid.. berdiskusilah.. carilah ilmu.. perpanjanglah silaturahimm... Allah Maha Mengetahui kebutuhan hamba Nya"
setelah sholat magrib.. aku tak langsung pulang.. hujan deras dan tak mungkin aku dan nazir menerobos hujan di waktu sepenting itu.. h-3 seleksi...
kulihat teman lingkaran ku di sisi lain masjid.. kupanggil dia..
dari mulai basa-basi singkat.. akhirnya percakapan itu menjadi diskusi yang menarik..
dari mulai aku, nad, nazir, hingga pada akhirnya bertambah jumlahnya.. dan menjadi lingkaran baru...
diskusi pun semakin asyik ketika ku tanyakan pada nad tentang kesetaraan gender yang saat itu sedang happening di masyarakat...
dan kami pun larut dalam pembahasan detik-demi-detiknya...
aku paham...

>>2 hari menjelang seleksi..
sabtu dan minggu kuisi dengan mempersiapkan fisik dan mental dengan sebaik-baiknya.
waktu tidur yang kurang coba ku cukupkan agar fisik tidak berontak di hari H.
makan coba teratur dan panas tubuh coba di stabilkan..
berbagai dokumen pendukung seleksi coba di persipakan dan di sempurnakan. hari sabtu masih memungkinkan revisi jadi coba ku maksimalkan sebaik mungkin.
mencoba membuat ppt yang semenarik mungkin ..
menyempurnakan dengan doa yang benar-benar tak putus-putus dan mengatur detak jantung tak pernah bosan berdegup-degup..

>>26 bulan 5 tahun 2012
pagi-pagi ku susuri jalanan 47 dengan tenang.
titik pasrah ku membuat ku sangat tidak terbebani menjalani hari H seleksi.
aku bahkan masih ingat betul betapa di dalam metro mini itu aku senyum-senyum sendiri..
menikmati berkah dan kemudahan yang Allah berikan sampai detik ini..
betapa aku menjadi sangat gesit melakukan ini-itu mengejar deadline .. hingga pada akhirnya aku sampai di hari itu.. hari seleksi yang mungkin menjadi hari terpenting dalam hidupku...
aku bahkan sempat mengsms beberapa orang..
dari mulai orang tuaku..
adik-adikku..
sahabat-sahabatku..
dan dekanku.. bu nurahma hajat yang balasan smsnya sangat membekas di hatiku... :')

aku siap.. karena Allah telah mengantarkanku pada jenjang ini.. aku siap menjalani takdirnya..

ketika sampai di gedung sertifikasi guru, sudah ada 3 finalis yang hadir di tengah gelapnya ruang sergur lantai 8 yang belum ada orang sama sekali. sudah ada asep, endah, dan devi.
pagi itu suasana sempat mengkhawatirkan ,, karena kami dapat info kalau sahabat kami dari FIP mengundurkan diri.. tappiii... untunglah info itu tidak benar.. karena Andi datang pada akhirnya ke perhelatan itu :)
setelah menunggu beberapa waktu.. satu per satu berdatangan.. dan semakin lama ruangan tampak penuh..
yang paling bikin merinding ketika melihat juri satu persatu berjejer di kursi depan...
wajah-wajah yang aku tidak kenal sedikitpun..
sebelum di mulai, aku sempat berjalan ke kursi belakang.. ada ka hani, ka robi dan galuh...
percakapan yang hangat..
waktu itu aku minta ka hani jangan sms orang-orang.. karena aku malu kalau dilihatin banyak orang.. mending ga usah ada yg dateng.. :'( karna selain itu aku juga malu kalau hasilnya nanti mengecewakan...
trus aku pun menjelaskan kondisi 'saingan'ku siapa aja.. berharap dengan mengetahui itu, ka hani tidak akan kecewa jika hasilnya tidak sesuai harapan... karena ka hani sudah begitu setia mendampingikuu... :'(
aku juga bilang kalau aku urutan terakhir.. nomor 7 majunya.. dan itu membuatku sangat jippeeer....
dan terakhir ka robi bilang...
semangat de.. jurinya ga ada yang ngerti steno.. jadi kamu pasti menang !!! meskipun nomor 7 gapapa, the last is the best.
nih, nanti dengerin sambutan kaka !!
huaaaa.... karena mereka ga ngerti,, saya jadi harus presentasi lebih menarik biar mereka ngerti maksud saya doong... :'(
***
perhelatan seleksi mapres UNJ tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.
sejak dahulu, seleksi biasanya dilakukan secara tertutup di ruang PR 3, yang biasanya hanya bisa disaksikan oleh kalangan tertentu seperti pihak PD 3 dan kasubagmawa. tetapi berbeda dengan tahun ini. agenda ini dibuat open for public. semua orang dari berbagai kalangan bisa menyaksikan bagaimana kegiatan ini berlangsung. jelek-jeleknya atau bagus-bagusnya performance dari finalis itu akan benar-benar terlihat.
bisa kebayangkan gimana perasaan para finalis saat itu ???

di pagi itu, supporter terbanyak datang dari FIS. sepertinya hampir setengah ruangan isinya teman-teman Asep semua. jika aku tidak salah yang saat itu setia menemaniku dari awal hingga akhir itu ka hani, galuh, nazir, ka woro dan ridwan.. beberapa yang kuingat di awal itu juga ada asri dan beberapa adik kelas...

acara dibuka oleh ka chai.. ka chai terlihat gugup saat itu :) wajar saja.. harusnya ka asti (mapres fe 2011) yang menjadi mc.. tapi karena beliau cedera saat tanding futsal, secara aklamasi pengurus bemunj yang harus menggantikan :)
setelah pembacaan tilawah, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.
ku dengarkan dengan baik kata-kata yang diucap oleh ka robi saat itu. mencoba mencari penguatan atas posisiku saat itu yang seperti di ujung tanduk.
pak fakhruddin melanjutkan sambutan berikutnya.
dan agenda berikutnya pun langsung dikendalikan oleh ka ince.
ka ince tampak anggun hari itu. dia menggunakan jas kebesaran mapres nasional. sebuah business atire dengan sematan lencana garuda pada dada kiri. sungguh mempesona.

satu persatu dewan juri pun diperkenalkan.
juri pertama adalah ketua juri nasional seleksi mapres. beliau kebetulan juga dosen FIS UNJ. dia yang akan mengkritisi karya tulis mapres. di awalan beliau sudah mengatakan sudah melihat-lihat karya tulis kami.. beberapa ada yang bagus dan beberapa ada yang dibawah standard. dan dari situ aku sudah merasa "aware" untuk melapangkan dada menerima apapun yang terjadi kelak..
juri kedua adalah ketua international office UNJ, dosen sastra Inggris FBS UNJ yang kebetulan akan mengkritisi kemampuan bahasa asing kami pada sesi impromptu presentation. namanya pak suseno. panggil saja paksus...
juri ketiga adalah seorang wanita. dia yang akan fokus pada behaviour dan manner kita sebagai duta UNJ. psikologi mapres pun akan dia kritisi. khususnya pada sesi wawancara. beliau pernah menjabat sebagai ketua HUMAS UNJ sebelum mam wid, dan sekarang menjadi Pejabat di FT

#sesi pertama seleksi mapres pun di mulai...
sesi presentasi karya tulis dengan bahasa Indonesia...
kami maju sesuai urutan yang sudah di kocok pada saat brifing di PR 3 hari Jum'at lalu...
urutan yang maju seperti ini :
1. Wahyudi-FBS
2. Endah-FMIPA
3. Andi-FIP
4. Devi-FT
5. Deandra-FIK
6. Asep-FIS
7. Ervina-FE

saat satu persatu presentasi, dengan percaya diri kami menampilkan slide-slide terbaik. ada pula yang menyertakan video sebelum memulai presentasi. yang paling jelas terlihat adalah bagaimana dinamika yang coba dimainkan oleh dewan juri. benar-benar membuat perasaan naik turun pada sesi tanya jawab. kami diberikan waktu 7 menit untuk presentasi dan 3 menit sesi tanya jawab.
tapi waktu 3 menit itu rasanya benar-benarr lamaaa.... beberapa peserta ada yang terlihat seperti "dibantai" oleh dewan juri mengenai isi karya tulisnya... :'( degdegdeg... -.-"
wahyudi membawakan konsep penggunaan bahasa Indonesia pada tempat-tempat umum, endah dengan penelitiannya yang luar biasa dengan bahasa-bahasa ilmiah yang aku tidak mengerti sama sekali, andi membawakan gingseng jawa yang mengantarkannya menjuarai kompetisi di India, devi membawa olahan pakan baru berupa manisan dari sayuran, deandra dengan konsep permainan olahraga untuk anak-anak berkebutuhan khusus, dan asep dengan konsep KUHP androidnya...
giliranku tiba..
setelah mencoba menganalisis kelebihan dan kekurangan dari masing-masing peserta, ku tinggalkan prototype yang sudah ku bawa jauh-jauh dari rumah di kursiku dan maju dengan membawa laptop saja.
aku mulai mempresentasikan inovasiku dengan percaya diri...
dan entah dapat dari kekuatan dari mana.. aku mampu menyelesaikan presentasi dengan sempurna.
juri pun mulai berkomentar...
dan subhanallah...
satu-satunya komentar yang kurang positif hanya dari juri perempuan, yang bertanya apakah aku menghafal ? kenapa terlihat berbicaranya terlalu cepat? kenapa lancar betul mendeskripsikan huruf-huruf itu?
lalu akupun menjelaskan bahwa aku tidak menghafal.. tapi aku sudah akrab dengan huruf-huruf steno sejak di bangku SMK, karna aku anak AP, jadi aku sudah bersama steno kurang lebih 3-4 tahun, dan itu cukup untuk membuatku mengenal huruf-huruf steno...
juri bahasa asing, Pak Suseno, bahkan lebih seru lagi,,, dia mengapresiasi dan memintaku untuk datang keruangannya untuk bermain dengannya jika inovasi ku sudah jadi... #waaah senangnya ^_^
dan yang paling membuatku bersyukuuur adalalalaaaaahhahhhhh....
juri karya tulisnya ga ngomong atau mengomentari apapuuuunnnn ^____________*
waaaaahh...... bebassss..... ga dibantai kayaa yang laiiiiinnnnn ^__________^

#bingung juga sihh.. tapi tetap melegakaaannn sekaliiii ^____________^

break ISOMA kami coba habiskan untuk lebih dekat lagi...
kami bertujuh...
dan akan tetap bertujuh sampai akhir...
Allah menghimpun yang berserak dari masing-masing fakultas...
dan mengumpulkan yang terbaik menjadi satu hari itu...
kami duduk melingkar bersama satu lingkaran... sambil bercerita dan tertawa...
kami pun pergi shalat bersama... berjama'ah satu sama lain..
subhanallah wal hamdulillah... sahabatku bertambah lagiii :')

#sesi kedua pun dimulai selepas ISOMA...

You Might Also Like

1 comments

  1. Ka Ervina,
    Ceritanya luar biasa, mengingatkan saya.
    hehe

    Sukses untuk ka vina ya :)

    ReplyDelete

makasih ya udah baca :)
tambah makasih kalo mau kasih comment dibawah ini ^____^

Popular Posts

Featured post

Disclaimer

Sumber: di sini Saat kemarin membuka blog ini setelah 3 tahun 3 bulan 15 hari berlalu.. saya akhirnya mulai merapikan blog ini kembali ...

My Latest Vlog on Youtube

My latest post on instagram