Dilema mahasiswa tingkat akhir itu nyata..

Friday, July 05, 2013




Kemarin ada kakak kelas yang bertanya..
Vina kabarnya gimana??
Aku hanya tersenyum..
Ka.. kalau tanya kabar ceritanya panjaaang..
Ceritaku hari ini ga bisa dipisahkan dengan ceritaku seminggu ini..
Hemm... ternyata kakaknya malah tertarik buat denger aku bercerita..

Oke, jadi gini..
Sabtu pekan lalu, aku balik ke rumah, malemnya sempet bilang ke mama (saking nyaris putus asanya karena penelitian ga selesai2)
"Ma.. kalau ina ga wisuda tahun ini gimana? Boleh?"
"Kenapa memangnya?"
"Ina ga dapet2 tempat penelitian"
#Nyaris nangis dan langsung nutup muka pake bantal
Setelah itu ga sanggup buat nerusin curhat ke mama karena rasanya udah buncah mau nangis.

Pas minggu pagi, ayah manggil supaya aq ke kamar, ga lama setelah aku masuk kamar, mama ikut masuk.
"Kata mama katanya ga bisa wisuda tahun ini? Kenapa? Memangnya ad masalah apa?"
Aku diam. Mau nangis.
"Ina ga dapet2 tempat penelitian yah.."
"Memangnya apa aja yang dibutuhin? Coba jelasin?"
"Tapi dijelasin juga ayah belum tentu ngerti"
"Gapapa udah coba jelasin dulu.."
Akhirnya aku ceritakan semua, tentang penelitianku yang tak kunjung usai karena para pemimpin perusahaan itu tak mau diteliti, tentang populasi, sampel dan sebagainya.
Sampai akhirnya ayah & mama paham posisiku.. ayah nawarin untuk penelitian di tempat kerja teman2nya, tapi aku masih ragu dan memilih untuk "udah ga usah yah.. ntar ina cari lagi"
Dan ayah mama juga akhirnya pasrah dan berdoa supaya Allah memudahkan proses skripsiku..

Setelah itu ayah pergi ngaji sama adikku, pulang dari ngaji ayah mengeluhkan kepalanya yang berat, padahal hari itu di rumah ada agenda yang harus ayah lakukan.. tapi karena ayah mendadak ga enak badan, ayah istirahat & tidak menemui orang itu..
Tanpa di duga, kondisi ayah makin sore makin drop. Sampe ayah harus dipapah untuk keluar kamar, saat berobatpun ayah diminta langsung di opname. Tapi sayang, semua kamar penuh dan ayah tidak cukup kuat untuk menunggu kepastian kamar kosong dan memilih untuk pulang.
Ga tau kenapa, malam itu jadi ngerasa dosaa banget.
astagfirullah, jangan2 ayah sakit gara2 mikirin skripsiku??
aku khawatir sudah mengecewakan harapannya yang ingin melihatku wisuda tahun ini.
Tapi gimana dengan deadlinenya??
Waktuku cuma sepekan??
Tanpa pikir panjang lagi. Aku benar2 berazzam untuk mencari perusahaan sampai dapat.
Pagi-pagi berangkat nyari perusahaan sama reza. Di awali ditempat pkl adikku. Ternyata di 2 divisi ditolak.
Bingung.
Ga tau lagi mau kemana.
Akhirnya idealismeku untuk ga pake orang dalem runtuh. Aku jarkom beberapa kakak kelasku yang sudah kerja untuk izin penelitian di tempat mereka.
Tarik ulur-tarik ulur.
Fix.
Aku ke bank syariah.
Ada relasi di sana.
Saat itu juga aku berangkat.
Berasa banget waktu itu pundakku bawa tas yang isinya kertas kuesioner lebih dari 1 rim.
Sendiri. Ke sana. Modal nya niat.
Pas sampe sana, alhamdulillah kakaknya mau bantu tanpa surat.
Besoknya diminta untuk kesana lagi. Saking padatnya agenda dan berharap tetap bisa dateng di semua agenda itu.. akhirnya minjem motor temen untuk ke thamrin.
#ini pertama kalinyaaa...

Masya Allah.. bener ya ternyata..
Dalam keadaan terdesak, apapun bisa dilakukan.
Selama ini ga berani buat bawa motor jauh2 kalau sendiri. Harus ada yang dibonceng pokonya. Lebih save aja rasanya kalau ada temen. Tapi ...
Itu sendiri. Naik motor. Dan jaraknya juga ga deket..
Masya Allah..
Baru sadar kalau waktu itu nekat .
Dijalan sempet bilang..
"Ya Allah.. ini semua dilakukan buat ayah.. mama.. bukan untuk diriku lagi. maka mudahkan Ya Allah. Ini untuk mereka"

Dan motor nya dipacu dengan hati2.
Alhamdulillah jam 5 bisa sampe kampus lagi dengan selamat.
Ternyata.. rabu kesana lagi.
Pagi-sore ada 2 ta'limat.
Perut udah berasa banget masuk anginnya. Alhamdulillah kakak kelasku ngertiin banget. Aku bilang baru bisa ke bsm ba'da magrib abis liqo, dan ternyata dia mau nunggu.. subhanallah :)
Sampailah di BSM jam 8 malam. Setelah menerobos hujan & berdiri dari rawamangun sampai thamrin.
Dan baru kali itu, masuk perbankan lebih dari jam 4.
Ternyata banyak yang masih belum pulang.. kata kakak kelasku..
Orang-orang bank bahkan biasa pulang pagi kalau akhir dan awal bulan..
Oke.. #cukuptau
Ternyata dataku belum cukup. Kurang. Masih banyak data yang belum dikembalikan.
Akhirnya kamis aku coba olah yang ada. Ternyata data tidak normal. Perfect.
Besok sudah deadline.
Akhirnya aku bawa teman2ku untuk ke perpus.
Kami di sana sampai nyaris di usir.
Dan aku masih belum tau gimana
Ngolah data itu padahal besok deadline.
Dan pas masih di perpus, tiba2 saudaraku sms.
Intinya dia minta aku batalkan agenda 3 hari ke gunung bunder hari jum'at karena aku harus pulang sekarang. Ayah ga sadar dan minta anak2nya kumpul di RS sekarang.
Pas baca sms itu tuh rasanya perut  kaya melilit... jantung berdegup bukan main. Panik.
Dan aku kalut. ga ada temen yang bawa motor dan bisa di ajak pulang bareng.
Ikhlas dengan kemacetan ciledug yang ada di depan mata.
Di dalam busway berkali2 mau nangis. Mata udah berkaca2. Udah panik banget.
Bersyukur ada temen yang rela nyamain rute jalan pulangnya denganku untuk menemani dan bersedia berbagi cerita kalau dia juga mengalami kejadian yang sama. Bahkan ibunya sampai mengigau dalam sakitnya saking kasihannya ibunya ngeliat anaknya kesusahan ngerjain skripsi.

Ya Allah.. orang tua itu kenapa baik banget siih..

Subhanallah banget deh kasih sayangnya. Bener2 tulus.
Kurang lebih setelah 3 jam perjalanan, aku sampe d rumah sakit .
Dan aku pake nyasar lagi nyari2 kamar rumah sakitnya. Di sms cuma lantai 3. Dan aku muter2 nyari kamar di lantai 3. Kosong. Ga ada orang. Horor.
Ternyata aku muter2 di gedung lama dan ayahku di rawat di lantai 3 gedung baru.
Astagfirullahaladzim..
Pas pintu kamar 304 dibuka. Kulihat wajah-wajah saudaraku disana.
Mama. Adik-adikku, kakak dan adik ayah. Semua kumpul.
Dan ayahku...
Terpejam.
10 menit pertama kuat.
Duduk di samping ayah sambil mandangin wajahnya yang pucat pasi.
10 menit kedua mulai sesak dan memilih untuk duduk di lantai sambil senderan di tembok.
5 menit selanjutnya..
Pecah.
Air mata buncah tak tertahankan.
Berjam-jam menahan untuk ga nangis justru meledak di kamar ayah.
Ga berani ngangkat muka. Rasanya malu dan bersalah banget karena baru sampe jam segitu.
Tenggelam dibalik kerudung sampai kurasa basahnya air mata nembus ke kerudungku yang tebal.
Pundakku berguncang saking hebatnya tangisku malam itu.
Mamaku mendekat, dan Berkata,
"Udah gapapa, jangan nangis, ayahnya gapapa.. doain aja.. nanti kalau ayah sadar, jangan nangis di depan ayah. Ayah ga boleh liat anaknya nangis. Nanti jadi pikiran"

Di bilang begitu aku bukannya diam, malah tambah kejer. Nangis tersedu.
Bener-bener ngerasa bersalah.
Beberapa lama berselang, ayah bisa membuka matanya perlahan..
Ayah sudah lewat masa kritisnya..
Aq terus menangis di luar kāmar ketika menanyakan kronologi kritis dan pingsannya ayah sejak kemarin..
Bener-bener ga kuat.
Tiba-tiba mama manggil nyuruh aku ke dalam. Ayah mau ketemu.
Aku duduk di pinggir tempat tidur ayah.
Ku pandangi wajahnya, ayahku masih sempet tersenyum lagi.
Astagfirullah..
Tangisku pecah tak tertahan ketika ayah menelungkupkan wajahku ke atas dadanya yang terbaring di atas tempat tidur.
Aku benar-benar menangis.
"Ayah.. ina minta maaf baru dateng.. ina ga tau.. maafin ina yah.. ayah tenang aja.. ina usahain wisuda tahun ini.. ina udah dapet tempat penelitian yah.."
Kataku terbata-bata dalam tangisku.
Ayahku ga berkata apa-apa. Ia hanya mengatakan "iya.." dan  menitikkan air mata.
Tangisku makin menjadi.
Ibuku memberi isyarat supaya aku jangan nangis, tapi aku menggeleng. Ku katakan, ina ga kuaat.
Dan aku memilih untuk melanjutkan tangisku di luar kamar.
Setelah itu aku tahu..
Bahwa kenapa ibuku tidak memberi kabar padaku sejak selasa, padahal ayah udah kritis (kesadarannya menurun) sejak selasa,
Karena ibuku memegang pesan ayahku sebelum ia ga sadar,
Untuk "jangan kasih tau vina.. dia lagi ngerjain skripsi.."
Astagfirullah...
Ayaah....
Coba? Kalau udah gini?
Siapa juga yang ngga kejer?
Ayahku keterlaluan nih baiknya,
Masa lagi kritis gitu sempet2nya mikirin aku dan skripsiku..
Ya Allah..
Beneran mau lulus tahun ini kalau gini ceritanya..
Ga enak hati untuk mengecewakan kedua orang tua yang udah mati-matian menyekolahkan anaknya sampe seperti ini sekarang...
Ga enak hati untuk membuat mereka menitikkan air mata karena harapan mereka untuķ melihat wisuda anaknya tahuñ inì pupus..
Bener-bener ingin membahagiakan mereka..
Bener-bener ingìn berjuang untuk mereka..
Bener-bener ingin lulus tahun ini..
Ya Allah.. mudahkan Ya Allah.. jangan dipersulit..
Ridhoi ya Allah..
Ķarena  Dengan ridhomu semua jadi mudah..

You Might Also Like

1 comments

  1. vin, aku bener2 pengen lihat kamu wisuda tahun ini.. semoga Allah berikan jalan2 kemudahan... ^_^

    ReplyDelete

makasih ya udah baca :)
tambah makasih kalo mau kasih comment dibawah ini ^____^

Popular Posts

Featured post

Disclaimer

Sumber: di sini Saat kemarin membuka blog ini setelah 3 tahun 3 bulan 15 hari berlalu.. saya akhirnya mulai merapikan blog ini kembali ...

My Latest Vlog on Youtube

My latest post on instagram