CHAPTER #1: Journey to Aberdeen

Friday, July 18, 2014


Sumber foto: di sini
Bismillahirrahmanirrahiim.. 

Hai haii :) udah lama nih ga berbagi cerita. Sebelum tulisan ini muncul sebenernya mau buat cerita 8 bulan pernikahan gue, haha tapi ga jadi, antara menjaga #rahasiaperusahaan sama takut bikin kalian #envy :p

Well, tulisan ini sebenernya request dari beberapa orang yang pada “sedikit shock” hehe waktu tau gue mau lanjut master di Inggris. Banyak yang nanya, “itu gimana bisa diterima ? lewat jalur apa? Pake beasiswa apa? Gimana cara daftarnya ? ambil toefl apa ielts?”dst. YUP !! daripada jawab satu-satu dan tetep ga jelas juga walau udah gue jelasin :p mending di buat tulisan aja yak. Insya Allah lebih rinci. J semoga bermanfaat!

PENTING

Buat kampus-kampus besar Indonesia kaya UI, ITB, UGM, lanjut master S2 di luar negeri itu sesuatu yang “common” banget! #persis kaya pertanyaan interviewer LPDP waktu nanya ke gue kenapa buat gue –yang anak UNJ, hal kaya gini tuh jadi “sesuatu”. Hahaha. Cerita tentang proses seleksi LPDP nanti gue ceritain di laman berbeda yak! #pantengin terus blog gue :p #cheers. 

Nah, makanya buat yang udah tau gimana proses seleksi buat lanjut master ke LN, atau elo yang dari kampus besar Indonesia terus tiba-tiba nongol baca tulisan gue (terus langsung mengernyitkan alis karena ngerasa #yaelah gini aja dibahas), atau tipe-tipe pembaca yang lain, gue tekankan hehe, ini buat sharing aja kok Jcerita per-chapter yang gue tulis ini murni pengalaman pribadi. Dari mulai milih negara ampe cerita tentang dapat beasiswa. Gue dan suami bener-bener learning by doing buat bisa tembus S2 di UK. Istilah-istilah yang nanti banyak bermunculan juga gue taunya pas lagi ngejalanin proses aplikasi. So, semoga bisa menambah “insight” buat temen-temen yang belum tau, dan bermanfaat buat yang mau lanjut master LN juga, kemanapun kampus dan negara tujuan kalian (karena basic poinnya sama). Jadi, semoga tulisan ini ada nilai gunanya ya. Selamat membaca !!

CHAPTER #1

KENAPA GUE PILIH UK???!!!

Nah, menurut gue ini poin paling penting buat para pengejar master LN untuk pikirkan. Jujur, gue sama suami yang paling riweh adalah waktu nentuin negara tujuan belajar, haha. Sedikit cerita, jadi waktu ta’aruf, suami sempet men-state kalo dia mau lanjut master di Korea, doi udah ada tawaran dari sana dan nanyain kebijaksanaan gue, kalo ikut ke sana bersedia ngga? karena, gue dari awal ngebetnya pengen ke Aussie, secara waktu itu dapet gambaran banyak banget dari MR (guru ngaji) yang kebetulan juga lulusan Aussie, kalo bidang pendidikan disana bagus. Tapi ya gitu, gue baru pengen doang, tawaran apa-apa belum ada. Haha. Sedangkan dia secara kualifikasi udah ok buat langsung diterima di Korea. Jadilah, waktu itu gue bilang, “yaudah, vina bersedia ikut ke Korea” :p

Tiba-tiba di suatu malam setelah kita nikah, pembicaraan negara tempat belajar muncul lagi. Dan ga tau kenapa tiba-tiba gue lebih berani jujur aja kalo sebenernya rada gimanaa gitu kalo ke Korea. Haha. Dan suamipun bilang, “yang jelas aa ga bisa kalo ke Aussie, bioinformatika di sana ga berkembang, dan kita ga mungkin LDR. #CHEESS gue meleleh. Oke, akhirnya kita mutusin 1 tujuan negara di luar Korea &Aussie. Keluarlah Perancis. Sebenernya dari kuliah, doi pengen banget ke Paris, udah ada univ tujuan pula. Tapiiii, gue apa kabar? bisa bengong aja nanti di sana :’( Suami mah udah pernah les bahasa Perancis, di laptopnya juga banyak bahan belajar bahasa Perancis, gue?. Hiks. Akhirnya gue memohon untuk jangan pilih Perancis. Dan akhirnya sodara-sodara, terpilihlah Inggris!! Yeeeeea #tepuktangan 

Pucuk di cinta, ulam pun tiba. Di hari lain suami kirim picture ke whatsapp. Gambar tentang UK Education Expo 2013 yang diadakan oleh IBEC(dan event ini merupakan kesempatan emas banget, di antara event IBEC lainnya yang gue datangin, stand kampus di sesi ini yang paling banyak).  Pas banget timingnya!! Baru mutusin UK sebagai negara tujuan, Allah kasih jalan buat kita berdua gali informasi sebanyak-banyaknya di Edu-Expo itu. Dan kita pun sepakat kesana. Kalian tau itu acaranya kapaannn ????

17 November 2013. Artinya, itu 1 hari setelah resepsi ngunduh mantu (resepsi kedua di rumah mempelai laki-laki). Lo bayangin dong, tuh tenda pernikahan aja belum di lepas, kita udah jalan-jalan ke Four Season Hotel buat ngumpulin brosur kampus di UK :P hahaaha. 

Pas nyampe sana, yang pertama kali di lakukan suami adalah dateng ke stand LPDP (stand terdekat dengan pintu masuk). Gue yang sebenernya baru 1 kali dateng ke acara begituan, ngikut aja deh pokonya di genggaman tangannya #asek. Nah di depan stand LPDP, kita ga nanya apa-apa ke mba-mbanya, gue Cuma ambil brosur dan foto banner list kampus UK yang di biayai LPDP terus aa (panggilan sayang untuk suami)  yang catet di notes. Setelah itu, aa ngasih intruksi supaya kita datengin stand-stand kampus yang di biayai LPDP aja. Jadi, kalo ada kampus yang ga di biayai LPDP, kita ga usah datengin stand-nya, wkwkwk. Tapi ini efektif. Karena 1 stand kampus aja, lo mesti antri-gantian biar bisa konsultasi langsung sama perwakilan admission officer-nya. Yang paling penting, di stand itu, lo minta POSTGRADUATE PROSPECTUS-nya. Jangan ampe salah. Jadi inget kejadian gue yang #memalukan;

Gue        : (baca-baca prospectus gitu)

Aa           : “lagi baca-baca apa?”

Gue        : “ini lagi liat-liat jurusan di sana”

Aa           :“ko baca itu? Itu kan UNDERGRADUATE PROSPECTUS. Kita kan mau S2, jadi bacanya yang POSTGRADUATE aja.”

Gue        : (#tetiba cengo, arrgh! mau masuk kolong meja rasanya!! gila!! Kita baru 2 minggu nikah, dan gue udah mempermalukan diri gue sendiri !! -.-“ ) –menenangkan diri-  “iya udah tau, ini lagi liat-liat aja kualitas S1 nya” (#gigitbibir. huaaaaaa…. Maluuuuu T_T )

Di event itu kita dapet 2 goody bag, dan dua-duanya penuh sama postgraduate prospectus. Pas sampe rumah, gue mah santai aja, eh tapi si aa yang golongan darahnya A, langsung buat list coba!! >_<
Ini langkah-langkah yang aa lakukan:


1.       List kampus LPDP dia buka.

2.       Check-list kampus yang tadi di datengin dan ada di list LPDP

3.       Tandain kampus yang ada di list LPDP tapi tadi ga ada di Pameran

4.       Searching semua kampus yang ga ada di pameran melalui website uni tersebut via google.

5.       Sortir kampus mana aja yang ada bioinformatic-nya.

6.       Dari sekian kampus yang ada bioinformatic, pilih kampus dengan kurikulum terbaik, khususnya yang ada kaitannya dengan drugs discovery dan ke-farmasi-an.


#tepuuktangaaannnn ^_^

Jujur, gue amazed banget sama effort doi. Teladan banget dah!!! #twothumbsup!!! Gayanya yang “A” banget, bener-bener ngasih tamparan buat gue yang “B” (baca:”B”erantakan) banget :P

Gue cuman bisa liat dan dengerin aja waktu aa cerita, kampus ini kekurangannya ini, kampus ini kurikulumnya kurang oke, terlalu general, kampus ini websitenya abal-abal, kampus ini ranking sekian berdasarkan QS dan THES, dan seterusnya. Dia bener-bener melakukan deep-research banget buat kampus tujuannya. Gue ?? hahaha. #jangantanyaplease :p

You Might Also Like

0 comments

makasih ya udah baca :)
tambah makasih kalo mau kasih comment dibawah ini ^____^

Popular Posts

Featured post

Disclaimer

Sumber: di sini Saat kemarin membuka blog ini setelah 3 tahun 3 bulan 15 hari berlalu.. saya akhirnya mulai merapikan blog ini kembali ...

My Latest Vlog on Youtube

My latest post on instagram