CHAPTER #6: IELTS OH IELTS

Monday, July 21, 2014

Sumber foto: di sini


Yuhuu… nih chapter yang ditunggu-tunggu datang ^^p. sebelumnya makasih banget ya buat respon kalian yang koclak-koclak di fb wkwkw…

Ini chapter yang paling sering ditanyain sama temen-temen di berbagai kesempatan. Kebanyakan dari mereka biasanya nanya tentang biaya, tempat tes dan komponen yang diujikan. Oke, bismillah. Kita coba mulai bahas dikit-dikit ya. Udah baca do’a belum ? #biarpadangerti :p iniih bahasan paling serius soalnya hehehe 

IELTS itu susah-susah gampang kok. Sedikit untung-untungan malah, hehe. IELTS bener-bener sesuatu yang baru buat gue dan suami. Awalnya suami yang memperkenalkan. Pas tahu salah satu syarat requirement univ di UK adalah IELTS atau TOEFL IBT, ga tau kenapa suami lebih prefer kita perdalam IELTS aja. Padahal sikon waktu itu, suami TOEFL nya udah cukup tinggi (bagi gue mah doi scorenya tinggi bgd :p). Tapi aa malah pilih IELTS. Pas awal-awal tahun 2014, TOEFL IBT masih diterima di UK, pas di pertengahan April keluar statement kalo TOEFL udah ga digunakan lagi di sana, kita lega deh, huffh, alhamdulillah dari awal pilih fokus di IELTS aja :) 

Pas udah dapet conditional offer, kita baru fokus belajar IELTS. Rada dudul sih :p harusnya mah belajar ga usah nunggu diterima di kampusnya dulu. Belajar mah makin sering makin bagus. Tapi ga tau kenapa kita baru bener-bener belajar pas udah resmi diterima #bagian-ini-jangan-ditiru :p

Nah, alhamdulillah, suami udah dapet ilham dari pas kuliah. Haahaha. Waktu dia sama adiknya jalan ke Gramedia, dia lihat ada buku IELTS karangan Barrons. Dia beli 2 jilid coba, hahaha  #bagus. Dan ampe kita nikah tuh buku ga kepake :p alhamdulillah, februari tahun ini buku itu ada gunanya juga. Kita berdua bener-bener otodidak di awal pelajarin buku itu. Belajar aja di rumah. Berdua, gantian speaking, listening bareng, reading gantian, kalo masalah writing gue no comment deh, selalu aa yang jadi proofreader-nya. Grammar gue simsalabim soalnya, acakadut #bahasaapacoba :p

Kita hampir tiap hari belajar, bukan #hampir, tapi emang #tiaphari belajar -.-“ 

Selama aa kerja, gue belajar duluan di rumah, kaya reading dan writing. Nah, pas aa pulang kerja kita listening bareng sama gantian speaking. Kadang pas aa pulang juga aa cek writing gue, kaya gituu aja terus. Tapi buat kasus belajar, ritme gue tetep ga bisa sama dengan aa. Doi kaya udah kesetel gitu mata ama otaknya buat belajar terus, nah gue beda cerita, belajar 2 jam, leha-lehanya 8 jam, wkwkwkw :p

Jadi, waktu masa-masa IELTS, kalo kita pergi kemana-mana, dua benda yang ga pernah ketinggalan ya Cuma Al-Qur’an ama buku IELTS. Udah. Bahkan pernah yah, lagi rehat sholat di POM Bensin, dia sempet-sempetnya coba belajar #huffh -.-“ terus juga, kebiasaan dia itu pokonya selesein 1 juz di pagi hari sebelum mulai kerja, nah abis itu di jemputan selama perjalanan kantor dan pulang kantor dia belajar cobaaaa #guemakingarukgaruk :P kalo pulang dia cerita deh, hari ini dapet video tutorial ini, dapet teknik ini, dapet vocab baru terus tebak-tebak-an ama gue daaaaan masih banyak gaya dia yang lain buat nunjukin kalo dia emang #serius belajar. Hiksss kalo di depan dia gue bener-bener terkesan #males dan #oon jadinya :”( #hiks

Nah, ini yang jadi catatan. Jadi kalo kita ngomongin budaya kampus, ini bakal jadi sesuatu yang seru. Dia dengan jaket kuningnya kaya udah biasa banget gitu belajar gigi empat, target&academic-oriented banget deh pokoknya. Nah, sedangkan di posisi gue, gue juga ngerasa kaya gitu #beladiri. Perasaan gue di UNJ, gue juga udah belajar banget deh, udah rada-rada study-oriented gitu deh, tapi kok tetep ga bisa gitu nyamain ritme belajar dia ? sampe waktu gue lagi jenuuhhhh banget belajar, dan ngerasa “gue udah cukup deh belajarnya” atau “gue bosen belajar IELTS” dia tetep ngerasa dan tau kalo gue masih kurang banyak dan butuh belajar lagi. Sampe dia sempet bilang “mungkin menurut vina, vina udah belajar sambil lari, tapi buat aa atau temen-temen aa, belajar kaya gitu masih di level belajar sambil jalan” atau pas gue Cuma tidur-tiduran doang di kasur selayaknya orang golongan darah B yang ga mau di atur :p, dia kadang ngeledek gue dengan bilang “coba bayangin, di luar sana ada yang lagi ngerjain soal-soal IELTS buat ke UK, vina tidur-tiduran aja, katanya mau kuliah bareng??” #hikshiks #makin-guling-gulingan dong gueeeeee T_T

Tapi gayanya yang kaya gitu itu tuuuh, ngena dan nabok gue yang #mager buat #gerak. Huhuuu, thanks banget ya aa buat support nyaaaaa #tisu mana tisu :”)

Nah, pas kita udah dapet belajar IELTS sendiri, tau kalo Univ nya udah nerima kita, gue sama aa sempet bingung, karena kita kan masukin aplikasi via IBEC waktu pameran, nah kita bingung tuh, jangan-jangan ntar UUD hhehe, jujur, gue sama suami ga tau apa-apa tentang konsep tolong-menolong aplikasi yang IBEC tawarkan. Nah, akhirnya kita email IBEC nanya tentang biaya, ternyataaa FREE !!!gratis cuuy dari kita masukin aplikasi via IBEC ampe kita dapet visa :”) #haru

Kalo info yang gue dapet dari temen sih, jadi justru kalo kita ampe lolos univ itu dan resmi jadi mahasiswa di sana, justru itu keuntungan buat agen-nya. Karena mereka akan dapat semacam terimakasih gitu dari kampus sananya. Mari sama-sama kita mengucap hamdalah #alhamdulillah… ^^

Jadi, sekarang gue sama suami bener-bener bisa fokus di IELTS :)

Bismillah, jadi untuk IELTS sendiri, ada 2 jenis test format, ada academic dan general training. Karena gue mau lanjut sekolah, ambilnya yang academic. Kalo lo mau kerja di UK lo ambil general training. Untuk test components, IELTS lebih menantang kalo menurut gue dibanding TOEFL IBT, karena lo akan lebih banyak ketemu soal esai dibanding PG. hahhahaha

Jadi ada 4 komponen:


1.       Listening


waktunya kira-kira 30 menit. Jadi selama 30 menit lo langsung jawab di kertas soal, nanti di akhir di kasih 10 menit tambahan buat transfer jawaban dari kertas soal ke kertas jawaban. Asik kan? :)
jumlah soalnya 40. Dan ini variatif banget. Kadang lo baca peta, pilihan ganda, tabel, isi formulir, dll. Banyak deh. Makin sering latihan, makin banyak contoh soal yang pernah lo hadapin.

Untuk test parts, ada 4 sections.
a.       Section 1 biasanya percakapan 2 orang yang konteksnya sosial. Contoh, pemesanan tiket, pendaftaran member dst. Bisa PG bisa uraian jawabannya. Tergantung rezeki lo deh pokonya. Hahaha.
b.      Section 2 ini monolog misal tentang penyiar radio yang lagi nerangin tentang event, lo tinggal cari jawaban yang sesuai dari monolog itu
c.       Section 3 biasanya percakapan 3-4 orang tntang pendidikan, misal tutor lagi nanya murid, dst
d.      Section 4 lo ketemu monolog lagi, tapi lebih panjang karena biasanya tentang mata kuliah, jadi ada dosen lagi nerangin mata kuliah. Lo dengerin dan cari deh tuh jawabannya yang pas.

Kebayang ga?? Kalo mau kebayang lo harus nemu dulu soal latihan IELTS. Di google, youtube banyak. Pokonya tipsnya Cuma 1, belajar yang sering, karena aksen bule yang ngomong di soal beda-beda, kadang dia India, Bule medok, British-nya Aussie dan seterusnya. Jadi kuping lo mesti terlatih denger banyak tipe soal IELTS. Lo juga harus terbiasa nulis dengan spelling yang bener. Takutnya tuh bule ngomongnya 1 year law, lo nulisnya 1 yellow. Hahaha #kasusgue


2.       Reading


Pas real test IELTS, abis ngerjain test listening, lo dapet soal reading. Waktunya 60 menit buat 40 soal. Tapi lo ga dapet waktu tambahan buat mindahin jawaban dari kertas soal ke kertas jawaban, jadi mending lo langsung tulis jawabannya di answer sheet.

Ini ada 3 sections, soal readingnya di ambil dari jurnal internasional, koran atau majalah. Jadi lo harus biasain dari sekarang baca-baca jurnal, hehehe.  1 section biasanya jurnal yang isinya 2.150-2.750 kata. Dan lo harus siap baca segala jenis tema. Misal, suami gelagapan kalo baca soal tentang ekonomi, dan ga usah baca teks soal kalo temanya tentang kesehatan, wkwkw. Gue kebalikan, soal apapun mesti di baca, wkwkwkw. Ngga, maksud gue, lo ga bisa milih tema, mereka kasih semau mereka. Be prepare !!! :p


3.       Writing


Naaaahhhhh…. Ini niiih !!! hahaha. Kejutan di mana-mana!! Waktunya 60 menit. Lo bikin 2 essai. Task 1 lo bikin essai tentang interpretasi lo terhadap chart, table, peta atau proses gitu, minimal 150 kata. Nah, untuk task 2, lo disuruh mikir tentang berbagai tema, misal diskusikan kenapa lo setuju kalo nuklir itu berbahaya? Atau kenapa obesitas itu berbahaya? Temanya macem-macem deh pokonya, minimal ini 250 kata!!

Jadi kalo gue di ajarinnya, 20 menit lo alokasiin buat ngerjain task 1, 40 menit buat task 2. Dan baiknya lo kerjain task 2 dulu, karena poin bobot nilainya lebih besar dibanding task 1. Hehe. Task 2 contributes twice as much as task 1 to the writing score!!! Tapi kalo lo ngerasa soal task 1 nya lebih gampang, its okay kalo lo ngerjain task 1 duluan. 

Intinya lo harus sering-sering practice deh!! IELTS emang di setting akademik banget. Lo baca statistik, baca data, mengemukakan pendapat melalui tulisan, dst. Abis belajar IELTS, lo akan ngerasa “ooo, gini toooh” kaya kebuka gitu pola pikirnya. Ga kaya SPMB Indo yang soalnya PG semua, IELTS lebih menantang. Uraian brooo… essay! Lo salah nulis him yang harusnya her, bisa salah. Lo nulis assessment kurang “s” satu juga bisa salah. Wkwkwkw.

Makanya, Lo harus terbiasa nulis essay dalam bahasa Inggris ga kurang dari 250 kata dan bener spelling atau grammarnya. Kalo kurang lo dapet pinalti, kalo penulisan salah, skor lo juga bisa jatoh. Ribet yak ?? hehe #ngga ko. Kan tinggal belajar :)


4.       Speaking


Eng.. ing.. eng… banyak yang jago grammar pas di suruh ngomong blibet-blibet. Hehe :p kasus gue adalah, gue kepedean! Haha, ga peduli gue mau salah atau bener, yang penting gue ngomong. Karena sebenernya gue ngerti bule ngomong apa, tapi susah buat jawabnya. Makanya, poin penting dari gue, elo harus PD. Lo ga harus perfect ko, poinnya lo harus jawab pertanyaan examiner aja, enough!

Lo diminta speaking 11-14 minutes. Ada 3 parts. 

a.       Part 1 biasa, introduction dan interview (4-5 menit) temanya bisa bahas hobi lo, kampung halaman, temen deket, keluarga lo, kerjaan, dst. Tentang kehidupan lo deh pokoknya. Sebelum mulai part 1, lo diminta nunjukin ID lo dulu, dan biasanya dia minta izin lo. Karena percakapan selama lo ngomong sama tuh bule tuh akan direkam buat kepentingan penilaian. Hehehe :) #grogi ga? Hehe :p
b.      Part 2 merupakan individual long turn. Examiner akan ngasih lo task card gitu, di card itu ada tema yang harus lo omongin, lo diminta impromptu talking gitu, dadakan. Temanya lo ga tau, tapi lo dikasih waktu nyiapin bahan omongan 1 menit, boleh pake coret-coretan, dan setelah itu lo dikasih waktu ngomong 1-2 menit. Abis itu biasanya akan ada pertanyaan 1-2 dari examinernya tentang apa yang lo bahas.
c.       Di part 3 lebih seru. Elo bakal diskusi dua arah sama examiner!! Hahaha. Temanya biasanya terkait tentang part 2. Pertanyaannya lebih panjang dan lebih minta lo buat mikir lebih di banding part 1/part 2. Diskusi sekitar 4-5 menit. Di sini lo akan lebih banyak ngemukakan pandangan atau pendapat lo terkait suatu hal/topik tertentu.

Dah, selesai. Kalo lo ngerasa masih butuh informasi yang lebih detail, lo bisa download file “information for candidates” di www.ielts.org

Kalo lo butuh sample-sample tentang IELTS test materials dan informasi-informasi lain, lo bisa kunjungi:

setelah tes, hasilnya akan keluar dalam 13 hari. IELTS tanggal tesnya hampir sama dimana-mana, mau lo tes di IALF, IDP, British Council, semua hampir sama tanggalnya. Bisa pilih ada kamis dan sabtu. Biayanya sekitar $195. Dan tergantung kurs dollar saat lo bayar. Kalo lagi naik, bisa naik harganya. Kalo lagi turun, alhamdulillah :)

sedikit cerita tentang pengalaman gue, waktu itu kan mulai belajar di akhir-akhir Feb yah, nah pas suami liat perkembangan gue ga cukup signifikan, dia nawarin gue untuk les, pas searching-searching, kayanya yang paling oke dan harganya ga waw banget di IALF. Akhirnya ambillah gue les di IALF, lokasinya di menara kuningan, persis di samping Australia Embassy. Sebelum mulai lo ikut placement test dulu. Soalnya PG 50 soal, grammar semua :p kalo gue ga salah kita dibatasin salahnya, ga boleh lebih dari 12 kesalahan, hhee.

Kalo lolos, lo masuk IELTS Preparation Class. Ada lagi IELTS Prep Plus, khusus buat pertajam writing ama speaking lo, tapi ini khusus buat yang udah pernah tes IELTS. Buat pemula atau mw dapet pelatihan semua sub test, lo ikut IELTS Prep Class aja. Durasi lesnya 50 jam. Lo bisa pilih tuh 50 jam mw lo abisin dalam 2 pekan atau 8 pekan. Kalo 2 pekan berarti lo belajar senin-jum’at, jam 9 ampe 3 sore. Kalo 8 pekan, 3 hari/pekan di jam 18.00-21.00 *kalo gue ga salah. Untuk lebih lengkapnya lo cek aja di www.ialf.edu

gue ambil yang 2 pekan, kelas gue namanya IELTS Prep 20, ga tau kenapa 20, mungkin gelombang ke-20 di tahun itu kali yak, hehe.. gue ga ambil yang 8 pekan karena takut ga kekejar dan guenya keburu lupa ama materinya kalo ga di drill. Hehe :p 

Yang enak adalah, IALF punya resource centre yang buka dari jam 6.45-19.00 !! karena gue ga mau rugi, haha jadilah gue tiap hari berangkat jam 6 dari rumah, sarapan di IALF trus nongkrong di RC. Self-study. Wkwkww. Di sana ada semua bahan yang lo perluin buat ngasah writing/listening/reading/speaking lo. Kumplit. Tinggal lo ada niat belajar apa ngga. Hehe.

Pas sampe menara kuningan gue biasa dhuha dulu (musholanya nyempil-se-emprit soalnya) #elusdada , jadi, abis dhuha baru gue belajar. Belajar sendiri ampe jam 9, abis itu baru gue masuk kelas. Dari jam 9-12 gue diajar sama KAT. Jam 1-3.30 gantian giliran TANYA (*unique name, isnt it?) :p dua-duanya guru import dari UK :p

Nah, abis sholat ashar, gue belajar lagi coba di RC!! Wkwkw. Bisa ampe jam 5 atau maghrib. Sekuatnya gue deh pokonya. Mumpung brooo… #gratis

Setelah les 2 pekan selesai, gue masih punya jatah buat pake akses di RC 2 pekan tambahan. Bahkan gue sempet dapet hadiah gitu dari librarian-nya hehe, mungkin dia tau kalo gue pengunjung paling kerajinan, wkwkwk.

Nah, yang paling asik adalah mix with people-nya! Sekelas ada 15 orang. Tuh orang ngga ada yang gue kenal, wkwkw. Yang kerudungan sekelas Cuma 2, hehe. Gue sama 1 lagi alumni santri husnul temennya ka Uli #peace. :p

Sekelas kece-kece dah. Rata-rata mau ke UK. Cuma 1 Andreas yang mau ke USA. Kebetulan doi udah dapet offer dari Pennsylvania state uni. Nah, moment bareng mereka ini yang nambah pengetahuan gue banget. Kebanyakan udah gawe, temen gue satu bahkan WNI yang kerja di Singapore. Ada yang udah les berkali-kali di IALF #Kebanyakanduit :p ada juga yang udah pernah tes IELTS, tapi banyak juga yang baru kenal IELTS.

Lumayan laah, nambah sodara, nambah jaringan, nambah pengetahuan. :) ampe sekarang kita masih sering chat di whats app dan berbagi cerita :)

Sampe sekarang dari 15 orang yang les, 3 resmi berangkat tahun ini, 2 di antaranya LPDP, Gue dan Andreas. 1 lagi ke University of York pake dana sendiri. Hehe :p 1 nya lagi balik ke Singapore, kerja, setelah menggondol skor IELTS 7.5 wkwkw :p

Sisanya, ada yang balik kerja ada yang masih berjuang :)
Cerita tentang tes IELTS yang gue alamin, kita bahas di chapter 7 yak :)

You Might Also Like

0 comments

makasih ya udah baca :)
tambah makasih kalo mau kasih comment dibawah ini ^____^

Popular Posts

Featured post

Disclaimer

Sumber: di sini Saat kemarin membuka blog ini setelah 3 tahun 3 bulan 15 hari berlalu.. saya akhirnya mulai merapikan blog ini kembali ...

My Latest Vlog on Youtube

My latest post on instagram