3 Golongan yang Pertama Diadili

Friday, May 09, 2014

Mungkin sdh pernah baca atau dengar,tp tdk ada salahnya dibaca lagi sbg pengingat.

Rasulullah mengabarkan pada kita ttg 3 golongan yg pertama diadili di akhirat dan tubuhnya dijilat api neraka.

Golongan pertama adl org yg mengira mati syahid. Ia didatangkan di hadapan Allah,lalu Allah menyebut nikmat2-Nya kpd org tsb sehingga ia mengetahuinya.

Setelah itu Allah bertanya kpdnya,"apa yg telah engkau lakukan dg berbagai nikmat tsb?" ia menjawab, "aku telah berperang krn-Mu hingga aku mati syahid". Allah berfirman, "Engkau dusta. Sesungguhnya engkau berperang agar disebut pemberani,dan engkau telah disebut demikian." lalu Allah memerintahkan agar wajahnya diseret di atas tanah hingga ia dilemparkan ke dlm neraka.

Golongan kedua adl org yg mempelajari ilmu,mengajarkannya dan membaca Al-Qur'an. Ia ditanya oleh Allah ttg apa yg telah ia lakukan dg nikmat2 itu?

Ia menjawab, "aku telah mempelajari ilmu,mengajarkannya dan membaca Al-Qur'an krn-Mu" Allah berfirman, "Engkau dusta. Sesungguhnya engkau mempelajari ilmu agar disebut alim. Engkau membaca Al-Quran agar disebut seorang Qari' dan engkau telah disebut demikian."  lalu Allah memerintahkan agar wajahnya diseret di atas tanah hingga ia dilemparkan ke dlm neraka.

Golongan ketiga ialah org yg dilapangkan Allah rezekinya dan diberi berbagai macam harta kekayaan. Allah bertanya pdnya ttg nikmat2 itu. Ia menjawab,"tdk ada kesempatan berinfak pd yg Engkau sukai kecuali aku selalu berinfak di jalan tsb krn-Mu." Allah berfirman,"engkau dusta. Sesungguhnya engkau melakukannya agar disebut seorang dermawan dan engkau telah disebut demikian."  lalu Allah memerintahkan agar wajahnya diseret di atas tanah hingga ia dilemparkan ke dlm neraka.

Org yg riya',kata Ali bin Abi thalib,memiliki 3 ciri:

1. Malas beramal ketika sendirian
2. Giat beramal ketika berada di tengah2 org byk
3. Menambah amalnya ketika dipuji dan mengurangi amalnya ketika dicela

Allaahu ya Ghafur,astagfirullaahalladzii laailaahaillaahuwalhayyulqoyyuumu wa atuubuilaih.
Wallahu'alam bishshowab
(copas buku: agar sholat tak sia2 Hal. 86&90)

You Might Also Like

0 comments

makasih ya udah baca :)
tambah makasih kalo mau kasih comment dibawah ini ^____^

Popular Posts

Featured post

Disclaimer

Sumber: di sini Saat kemarin membuka blog ini setelah 3 tahun 3 bulan 15 hari berlalu.. saya akhirnya mulai merapikan blog ini kembali ...

My Latest Vlog on Youtube

My latest post on instagram