BAHAYANYA PENYAKIT GHURUR

Friday, May 09, 2014

Mari kita terus beramal sholih, mari kita terus berdakwah. Namun tetap berhati-hatilah atas penyakit yang satu ini. 

Jika kita senang ketika status kita di-like oleh banyak orang, lalu dilain waktu sedikitnya orang yang me-like membuat kita kurang senang, waspadalah! JIka banyak-sedikitnya jamaah di tempat kita menyampaikan ilmu memperngaruhi perasaan kita, waspadalah! Bisa jadi kita sudah terinfeksi penyakit ini! Mari luruskan niat hanya untuk Allah semata!

"Faktor lain yang menjadi penyebab berjatuhan di jalan dakwah adalah penyakit ghurur (tertipu oleh diri sendiri) dan senang menampilkan diri. Penyakit batin ini sangat berbahaya, karena dapat menghancurkan jiwa para aktivis dakwah, merusak amal, menghapus pahala dan mencelakakan mereka di akhirat.

“Sesungguhnya apa yang aku takutkan terhadap ummatku adalah syirik kepada Allah swt., saya tidak mengatakan mereka menyembah matahari, atau bulan atau berhala, akan tetapi amal-amal yang ditujukan kepada selain karena Allah swt, dan syahwat yang tersembunyi.” (HR Ibnu Majah)

“Tiga perkara yang membinasakan: bakhil yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti, dan kekaguman seseorang terhadap diri sendiri.” (HR Ath-Thabrani)

“Andaikata kamu tidak berbuat dosa, maka aku khawatir terhadap kamu apa yang lebih besar daripada itu, yaitu sifat ujub.” (HR Ibnu Hibban dan Baihaqi, sedang Bukhari mengingkarinya.)

‘Aisyah pernah ditanya, “Kapan seseorang dianggap berbuat jahat?” Ia menjawab, “Bila menyangka telah berbuat baik.”. Mutharrif pernah berkata, “Saya tidur semalam, dan bangun pada pagi hari dalam keadaan menyesal, lebih aku cintai daripada aku bangun malam (sholat malam) dan di pagi harinya aku merasa bangga (ujub).”

[Al-Mutasaaqithuuna 'ala Thariiq Ad-Da'wah, ustadz Fathi Yakan rohimahulloh]

Allahumma innaa na'uudzubika min annusyrika bika syai an na'lamuhuu, wa nastaghfiruka limaa laa na'lamuh...

You Might Also Like

0 comments

makasih ya udah baca :)
tambah makasih kalo mau kasih comment dibawah ini ^____^

Popular Posts

Featured post

Disclaimer

Sumber: di sini Saat kemarin membuka blog ini setelah 3 tahun 3 bulan 15 hari berlalu.. saya akhirnya mulai merapikan blog ini kembali ...

My Latest Vlog on Youtube

My latest post on instagram