"MELAPANGKAN HATI"

Sunday, May 11, 2014

Seorang anak dg wajah kusut berjalan tak terarah di tepi danau. Bertemulah ia dg seorg kakek yg bijaksana. Berdialoglah mereka. Anak muda itu menumpahkan kegalauan hatinya kpd si kakek. Si kakek pun mendengaarkan dg seksama.

Sehabis si anak muda menuntaskan kegalauan hatinya, si kakek masuk ke dlm rumah, lalu ia muncul dg menggenggam garam."Nak, coba kau masukkan garam ini ke dlm gelas, aduk & cicipi,"pinta si kakek."Bgmn rasanya?" Si kakek bertanya."Asin sekali, juga pahit." Jawab anak muda."Sekarang pergilah kamu ke danau di sana. Tuangkan segelas airmu yg asin itu kesana. Lalu aduklah air danau itu & rasakan.""Bgmn rasanya?""Segar," sahut anak muda itu."Apakah kamu rasa asin garam di dlm air danau itu?"Tanya kakek lagi."Tidak."Jawab si anak muda."Anak muda, dengarlah baik2 kata2 ku ini. 

Pahit getirnya kehidupan layaknya segenggm garam tadi. Jumlah & rasa pahit ituy sama dan akan tetap sama. Tapi, kepahitan yg kita rasakan sgt tergantung dr wadah atau tempat yg kita miliki. Kalau hati kita sekecil gelas tadi, maka pahit getir kehidupan itu akan terasa menyiksa. Namun jika hati kita seluas samudera, maka kegetiran & rasa asin itu tdk lagi mampu merusak suasana batin kita. Jadi, ketika engkau merasakan kepahitan & berbagai kegagalan dlm hidup, lapangkanlah dadamu, luaskan hatimu utk menampung setiap kepahitan hidup."Dlm menjalani kehidupan ini, masa2 getir adalah sesuatu yg tdk terelakkan. Hal itu tak ubahnya spt badai yg sewaktu2 hadir di tengah samudera. Inilah mosaik kehidupan; ada hujan, terang, panas, dingin, ada siang & malam. Persoalan sesungguhnya bukan terletak pd apa yg ada diluar diri kita, tapi bgmn kita menyikapinya. 

Memang Allah tak pernah menjanjikan bahwa: Langit selalu biru. Bunga selalu mekar. & mentari selalu bersinar.

Tapi ketahuilah bahwa Dia selalu memberi pelangi di setiap badai. Senyum di setiap air mata. Berkat di setiap cobaan & Jawaban di setiap do'a.

You Might Also Like

0 comments

makasih ya udah baca :)
tambah makasih kalo mau kasih comment dibawah ini ^____^

Popular Posts

Featured post

Disclaimer

Sumber: di sini Saat kemarin membuka blog ini setelah 3 tahun 3 bulan 15 hari berlalu.. saya akhirnya mulai merapikan blog ini kembali ...

My Latest Vlog on Youtube

My latest post on instagram