Tips keuangan dlm mempersiapkan Ramadhan

Saturday, May 31, 2014

H-39 menjelang 1 Ramadhan 1435 H
(revisi tulisan dr tahun lalu)

Tips keuangan dlm mempersiapkan Ramadhan:

1) usahakan (jika ada dananya) belanja bulanan pada bulan ini juga untuk masa ramadhan-awal syawal.
seperti: beli sirup untuk bukaan puasa, beli kue2 kering untuk ta'jil, eskrim, nugget non msg dkk atau apapun buat buka puasa atau memberi buka puasa.
ini juga termasuk membeli deterjen, pasta gigi, susu uht anak, pewangi rumah dll.
Kenapa? krn harga lbh murah saat bulan2 ini. Dan klo mau agak murah lagi beli antara tanggal 15-22.
Tgl itu tanggal2 psikologis supermarket kasih harga lbh murah murah.
Dgn beli skrg jg, ibadah kita d bulan ramadhan tdk terlalu teganggu dgn urusan groceries. terutama para ibu2.

2) alokasikan dana untuk buka bersama (yang kadang bisa banyak sekali terjadi), sedekah harian (yg otomatis inshaa Allah lbh banyak dr hari biasa) dan memberi buka.
Ambil silakan dari dana darurat/tab yg ada atau dr gaji bulan depan. paling ideal, tentu sudah dialokasikan dari sekarang.

3) untuk keperluan lebaran pribadi, keluarga dan masyarakat, mulailah dr hari ini dan selesaikan ketika ramadhan tiba.
Maksimal di hari ke 10 Ramadhan agar khusu' dan harga (lagi2) jauh lbh murah.
jadi yang mau belanja belanji, yuk coba selesaikan sebelum Ramadhan tiba, klo bisa jangan 10hari terakhir yang malah sibuk dengan belanja.

4) jika kita terima THR pastikan THR adalah untuk keperluan tambah2 di idul fitri plussss jangan pernah lupa, untuk keperluan IDUL ADHA krn Tunjangan Hari Raya adalah untuk 2hari raya. jangan sampe ada yg tdk kurban.
Keperluan Idul Fitri seperti:
mudik, memberi angpau pada sodara sehandai taulan, buah tangan silaturahmi, memberi hadiah pada ortu, mertua atau calon mertua, jalan2 bersama ba'da hari raya. dan jika memiliki Asisten rumah tangga untuk THR, biaya mudik dan sdikit oleh2 untuk Asisten.
Jgn lupa THR utamakan utk zakat fithrah&zakat maal: jika sudah mencapai aset lancar setara 85 gram emas, maka sudah wajib bayar zakat mal. 2.5% dr total aset lancar dan aset tdk lancar yg tdk dgunakan.
Nah, aset lancar tahun ini 1433 H dizakatkan (dibayar) di 1434 H. Jadi, aset tahun ini dibayar pd tahun depan. Zakat maal tahun ini dr aset tahun lalu. untuk zakat, banyak belajar dan banyak bertanya ya. soalnya banyak pendapat :), ini yang saya pahami.
Smg Allah memberkahi kita di bulan Rajab dan Sya'ban, dan menyampaikan kita di bulan Ramadhan. smg diberi sehat lahir batin dan energi berlimpah. amiin.

Salam hangat,
Kaukabus, cfp

You Might Also Like

0 comments

makasih ya udah baca :)
tambah makasih kalo mau kasih comment dibawah ini ^____^

Popular Posts

Featured post

Disclaimer

Sumber: di sini Saat kemarin membuka blog ini setelah 3 tahun 3 bulan 15 hari berlalu.. saya akhirnya mulai merapikan blog ini kembali ...

My Latest Vlog on Youtube

My latest post on instagram