Sakinnah dalam Tuntutan Berkarier

Friday, May 09, 2014

Oleh Ibu Ery Soekresno, Psi

Kajian Keluarga DKM Masjid Ukhuwah Islamiyah UI

Kamis, 8 Mei 2014

Kita pahami apa cita2 & mimpi diri kita & suami kita. Kita tentukan standar operasional dlm menjalani kehidupan berumahtangga. Buat semacam kesepakatan di awal pernikahan yg akan jd SOP keluarga kita. Kita harus tentukan indeks kebahagiaan kita brsama pasangan.
Seperti Khadijah, beliau adl konglomerat, saudagar kaya, namun setelah memiliki qowwam yakni Rasulullah, Khadijah melepaskan semua pekerjaannya utk menghormati qowwamnya. Ini ditentukan bergantung dg kesepakatan dg suami. Ketika seorang muslimah bekerja, diluruskan lagi niatnya. Boleh keluar rumah untuk kebaikan asal diizinkan oleh suami dan tanggung jawab utama sbg istri dan ibu harus beres. Jika memang suami meminta istri untuk tidak bekerja ya harus ditaati oleh istri. 

Memahami 5 Area dalam Perkawinan

Teman dan keluarga:
Perlu ada pembatasan dg org2 yg sebelumnya begitu berpengaruh dlm kehidupan pasutri. Jika mmg urusan rumah tangga. Pasutri perlu belajar utk hidup dg caranya sendiri tanpa pihak ketiga utk menikmati hubungan dg pasangan.

Keuangan:
Perlu dibicarakan dan disepakati bersama di awal pernikahan, penentuan gaya hidup dan karier perlu dilakukan.
Apakah istri dibolehkan bekerja?
Apa konsekuensi jika istri bekerja?
Bgmn dg penghasilan yg didapat?

Kepuasan seksual:
Bukan hnya kepuasan suami yg diutamakan, tapi kepuasan keduanya. Kita sbg muslimah boleh bicara jika ada yg kurang sesuai, agar tdk ada masalah di kemudian hari.

Pendidikan anak:
Pendidikan anak adl kewajiban bersama. Istri boleh mmberikan usul, yg mengambil keputusan adl suami. 

Kondisi kesehatan:
Selalu komunikasikan kondisi diri kita kpd pasangan. Pahami bahwa kondisi kesehatan pasangan tidak selamanya sama dg ketika awal menikah. 

Kita harus punya blueprint mau jadiin anak kita sperti apa.. Makanya pas taaruf yg mendalam agar nnti bsa saling mmhami.. Terimalah pasangan anda apa adanya. Berikan contoh perubahan yg diinginkan. Jangan hanya maju dan berubah sendirian, krn kita ingin mjd pasangan sakinnah di dunia dan akhirat. Kunci: terus perbaiki diri dan memperbanyak ilmu.

Kita tetap harus menghargai inti kepribadian pasangan kita, dan tidak merusak karakter pasangan kita. Hindari curhat dg lawan jenis, curhatnya ke pasangan saja, minta pasangan kita untuk belajar mendengarkan dan memahami kita. Cinta itu harus dirawat agar tetap bersemi dan tumbuh. Sering2 ekspresikan perasaan cinta pada pasangan. Sering2 katakan cinta pada pasangan kita. Boleh banget cari kado spesial yg so sweet buat beliau :D. 

Ciri2 keluarga sakinnah:

1. Memiliki pasangan yg setia
2. Memiliki anak yg berbakti
3. Memiliki ilmu yg memadai
4. Memiliki bi'ah yg shalih
5. Allah pasti mencukupi rezekinya

By: @istiqomahnk

You Might Also Like

0 comments

makasih ya udah baca :)
tambah makasih kalo mau kasih comment dibawah ini ^____^

Popular Posts

Featured post

Disclaimer

Sumber: di sini Saat kemarin membuka blog ini setelah 3 tahun 3 bulan 15 hari berlalu.. saya akhirnya mulai merapikan blog ini kembali ...

My Latest Vlog on Youtube

My latest post on instagram