SYA'BAN IS COMING

Saturday, May 31, 2014

[18:56 30/05/2014] Nadia Key:

Esok, lepas maghrib ini kita akan memasuki hari pertama di bulan Sya'ban...
Mengenai bulan Sya’ban, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ٌ

“Bulan Sya’ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An Nasa’i no. 2357. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Mari kita jauhi lalai, kita mulai raih target Ramadhan kita dengan mulai membiasakan amalan di bulan sya'ban.

Jika ingin target Ramadhan adalah 4 kali khatam al qur'an beserta arti dan tafsir, maka mulai malam ini kita mulai biasakan baca al qur'an setidaknya mulai 2 juz per hari, pertengahan sya'ban mulai biasakan 3 juz per hari, dan 7 hari terakhir sya'ban sudah terbiasakan dengan 4 juz sehari. Dengan qiyam al lail di setiap sepertiga malam dan kemudian mentadabburi arti hingga tafsir ayat dari juz yang dibaca selepas witir menanti shubuh

Jika ingin target Ramadhan tidak menonton acara yang tidak bermanfaat atau film2 minim manfaat sama sekali, maka mulai malam ini mari kita kurangi porsi menonton kita, boleh juga kalau ingin menghapus data film2 yang ada di laptop. Karena data bisa dicari kembali, sedangkan Ramadhan belum tentu berkenan menyapa kita lagi.

Jika ingin target Ramadhan adalah bisa menguasai shirah Nabawiyyah, maka mulai malam ini setidaknya kita mulai rutinkan baca setidaknya 1 lembar shirah Rasulullah tiap harinya.

Jika ingin target Ramadhan adalah bisa menambah hafalan ayat baru tiap harinya, maka mulai malam ini kita jauhi maksiat, sekecil apapun itu, mulai dari keluhan terkecil sekalipun yang sekedar mengeluhkan cuaca yang kurang bersahabat. Karena salah satu penghalang kita akan hafalan ayat suci itu adalah hati yang tak sesuci ayatNya.

Jika ingin target Ramadhan mampu menghafal hadits Arba'in, maka mulai malam ini kita rutinkan tiap hari di Sya'ban ini untuk setidaknya menghafal judul dari ke 42 hadits Arbain kumpulan Imam An Nawawi itu.
Dan perutinan2 lain nya, mulai malam ini...

Semoga Allah SWT ridha...
===============

You Might Also Like

0 comments

makasih ya udah baca :)
tambah makasih kalo mau kasih comment dibawah ini ^____^

Popular Posts

Featured post

Disclaimer

Sumber: di sini Saat kemarin membuka blog ini setelah 3 tahun 3 bulan 15 hari berlalu.. saya akhirnya mulai merapikan blog ini kembali ...

My Latest Vlog on Youtube

My latest post on instagram